Asam Aram (Kelubi), Si Buah Rawa yang Kaya Akan Manfaat - Blognya iki

Blognya iki

Selamat datang di blog yang sederhana ini

Post Top Ad

Friday 9 February 2018

Asam Aram (Kelubi), Si Buah Rawa yang Kaya Akan Manfaat





Assalamu’alaikum...
Di daerah kami khususnya di Sambas buah ini disebut Asam Aram karena mungkin saking asamnya buah ini, kebanyakan orang-orang kalau makan buah ini sambil merem-merem. Kalau tidak percaya silahkan dicoba, hehe. Yak, kembali lagi nih, kali ini ikikayar akan membahas si buah rawa yang asam ini.


Buah yang bernama latin Eleiodoxa Conferta ini merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga tumbuhan palem (palma) yang terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan yang biasa hidup di rawa ini selintas mirip sekali dengan tanaman salak, mulai dari batang, daun sampai ke buahnya. Akan tetapi buahnya lebih kecil daripada salak yang berdiameter sekitar 3-5 cm saja. Tekstur dari buah ini pun berbeda dari buah salak yaitu lebih tebal/ keras dan lembut ketika sudah matang dengan rasa yang sangat asam. Saat dikupas, isi buahnya tampak bening dan berair. Air itulah yang menjadikan si buah rawa ini memiliki rasa yang sangat asam.


Walaupun awalnya tumbuhan ini hidup di rawa, hingga sekarang banyak masyarakat pesisir Sambas yang membudidayakan tumbuhan ini. Sebab buah ini kaya akan manfaat baik untuk di makan langung, diolah menjadi minuman, dicampur dengan makanan lain, maupun dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Di derah kami, buah ini sering dijadikan manisan yang kemudian disuguhkan kepada tamu yang datang ke rumah baik pada hari-hari biasa maupun hari lebaran. Selain dijadikan manisan, buah rawa ini juga sering dijadikan minuman sirup yang sangat menyegarkan. Walaupun buah ini memiliki rasa yang sangat asam, buah ini kaya akan manfaat karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Karena itu pula, buah ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, serta kulit berminyak.

Sekian postinganku tentang buah rawa yang asam ini, sampai jumpa lagi di postingan-postingan berikutnya dan terima kasih. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum...

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad