Review Jurnal Algoritma Pathfinding A* pada Game RPG Tanaman Higienis Jurnal - Blognya iki

Blognya iki

Selamat datang di blog yang sederhana ini

Post Top Ad

Thursday 26 April 2018

Review Jurnal Algoritma Pathfinding A* pada Game RPG Tanaman Higienis Jurnal



Judul 
Algoritma Pathfinding A* pada Game RPG Tanaman Higienis
Jurnal 
Edukasi dan Penelitian Informatika 
Volume & Halaman 
Vol. 1, Hal. 76-80 Tahun 2015 
Penulis 
Andy Pramono,S.Kom,MT 
Reviewer 
REZKI

Tujuan Penelitian 
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk game tiga dimensi sebagai upaya untuk menyampaikan informasi mengenai konsep pertanian higienis. Dalam game RPG diperlukan suatu penerapan suatu algoritma pathfinding sebagai implementasi penghalang pada game tanaman higienis. 

Subjek Penelitian 
Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur mengenai algoritma pathfinding A* dan game komputer, serta identifikasi target audiens remaja rentangan usia 10-17 tahun dan produk kompetitor. 

Metode Penelitian 
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian perancangan game bertema pertanian higienis ini adalah model perancangan prosedural. Model prosedural merupakan model penelitian yang bersifat deskriptif, yang menggariskan langkah-langkah yang harus di ikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Proses perancangan game yang digunakan adalah model perancangan game oleh Pardew (2004), dimana meliputi empat tahapan utama yaitu konsep, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Penelitian ini menerapkan algoritma A* yang dilakukan dengan 2 pola yaitu uji coba internal dan uji coba eksternal. Algoritma ini merupakan algoritma Best First Search yang menggabungkan Uniform Cost Search dan Greedy Best-First Search. 

Alasan dilakukan penelitian ini 
Penggunaan residu pestisida pada produk pertanian sangat tinggi, karena masih banyak petani yang sering menyemprotkan pestisida pada saat panen bahkan sampai tiga hari menjelang panen. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari gagal panen karena serangan hama dan penyakit. Bagi manusia, senyawa kimia tersebut berpotensi menurunkan kecerdasan, menggangu kerja saraf, menganggu metabolisme tubuh, menimbulkan radikal bebas, menyebabkan kanker, meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil dan dalam dosis tinggi menyebabkan kematian. Sistem pertanian berbasis high input energy seperti penggunaan pupuk dan pestisida kimia yang tidak terkandali juga dapat merusak tanah yang akhirnya dapat mengakibatkan turunnya produktifitas tanah. 

Langkah Penelitian 
Langkah-langkah yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah: 
1. Tahapan konsep game meliputi: (1) genre/jenis game, (2) gameplay, (3) game objectives, (4) setting dan cerita game, (5) Main Selling Point, (6) skema alur, dan (7) level design. 
2. Tahap pra produksi meliputi game asset development, yang terbagi menjadi aset visual, audio, dan interface. 
3. Tahap produksi meliputi (1) programming, (2) uji coba game/testing, dan (3) revisi desain. 

Hasil Penelitian 
Game yang dirancang sebagai hasil penelitian ini berjudul "Astro Farmer". Astro Farmer merupakan game simulasi RPG bertema pertanian higienis yang menekankan peningkatan pemahaman remaja berusia antara 10 - 17 tahun dalam konsep dan proses pertanian higienis. Game ini berusaha untuk memposisikan player sebagai pengelola lahan pertanian virtual, yang mengadaptasi kondisi pertanian higienis secara riil, dengan beberapa bentuk penyederhanaan. 

Kekuatan Penelitian 
1. Teori dan model analisis yang diguakan tepat. 
2. Bahasa yang digunakan oleh penulis mudah dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca. Analisisnya sangat rinci dan mudah dipahami. 

Kelemahan Penelitian 
1. Penulis kurang detail dalam menjelaskan langkah-langkah penelitian. 
2. Penulis kurang lengkap dalam menyimpulkan keseluruhan isi dari jurnal ini.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad